Seribu Paragraf Cinta

karena pena bisa mengubah dunia...

Name:
Location: Jakarta, DKI, Indonesia

Tuesday, October 31, 2006

Retnong


Malam kedua setelah lebaran, aku duduk-duduk di ruang tamu. Aas dan Dani, kedua adik saya, sedang main games komputer. Tiba-tiba di lantai dekat sudut ruangan saya melihat binatang seukuran kecoa, tapi agak lebih kecil sedikit, sayapnya bening dan tubuhnya berwarna coklat muda agak abu-abu (nah, bingung kan?) yang sedang terdiam dengan innocent. Melihat binatang aneh itu, tercipta kilatan (flash!!!) dalam ingatan saya tentang masa kecil dulu, yang sepertinya ada hubungannya dengan binatang itu.

"Dani... Dan... ana binatang apa kiye arane... duh aku kelalen" kataku sama Dani yang lagi ngeliatin Aas maen solitaire.
Artinya : Dan, ada binatang apa ini namanya... duh saya lupa.
"Apa? endi?" jawab Dani sambil ngelongok.
Artinya : Apa? mana?
"Kiye... nang ngisor, aku si mbiyen nggoleti binatang iku nggo ngapa ya?" aku berusaha nginget-inget.
Artinya : ini... dibawah, aku si dulu nyariin binatang ini buat apa ya?

Waktu Dani lagi ngeliatin si coklat bersayap bening itu, aku jadi inget.
"Oh iya, kuwe li suarane apik ndean... jenenge apa ya? orong-orong apa ya? eh udu ding... apa ya?"
Artinya : oh iya, itu kan suaranya bagus kayaknya... namanya apa ya? orong-orong apa ya? eh bukan ding. apa ya?
"Tangkep Dan..." kataku lagi.
Dani segera mencari plastik, namun dia mendapat plastik yang kecil. Aku bilang mana mungkin nangkep pake plastik sekecil itu, dah terbang duluan dia, tapi ternyata Dani bisa nangkep dengan mudah, katanya karena tuh makhluk dah lemes ga kuat terbang lagi.

Setelah berhasil ditangkap, Aas tertarik juga, dia lihat dan sepertinya dia inget tuh hewan suka ada di pohon, tapi namanya dia juga lupa. Aku bilang ke Dani biar dia cari stoples untuk nempatin orong-orong or what else is that creature's name. Dani membawa-bawa binatang itu ke ruang tengah, tempat ibu dan eyang lagi nonton sinetron.

Ibu nanya "stoples nggo ngapa si? endi aku ndeleng..."
Artinya : Stoples buat apa sih? mana aku lihat...
Dani menunjukkan hasil tangkapannya.
"Oh... retnong... kae nang meja mburi ana toples kosong" kata ibu.
Artinya : Oh... retnong... itu di meja belakang ada toples kosong.

Slash!!! aku jadi inget lagi masa kecil. bener banget kata ibu, itu namanya "Retnong". Waktu SD dulu, kami suka sekali mencari binatang itu, dan seneng banget kalau ada yang dapet, pasti di pamer-pamerin. Tapi suaranya yang bagus itu, aku lupa kayak apa suaranya. kenapa tadi dia ngga bersuara ya? tapi seinget saya suaranya nyaring berdering.

Dani kembali ke ruang depan membawa stoples berisi retnong yang tidak bersalah itu. Kami bertiga memperhatikan dengan seksama. Namun, karena keasyikan maen games, Aas tidak mendengar kata ibu tadi, dia masih nginget-inget apa nama binatang itu.
"Apa si namanya ya?" kata Aas.
"rreettnnoongng" jawab aku dan Dani serempak.
"oh iya, bener. hehehe" Aas baru ngeh.

Tidak lama kemudian, si retnong itu mulai berbunyi. Suaranya seperti jangkrik tapi lebih keras dan lebih berdering nyaring dan merdu seperti suara gitar. kring kring kring... loh itu sih bukan suara gitar tapi dering telepon. hehehe, yah susah deh menggambarkan gimana suaranya kalo ngga denger sendiri. :)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home